KIMIA SMA
A. Tujuan Mata Pelajaran
Mata
pelajaran kimia di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1.
Membentuk sikap positif
terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2.
Memupuk sikap ilmiah yaitu
jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis,
dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3.
Memperoleh
pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen,
dimana peserta didik melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan
melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan dan penafsiran data,
serta menyampaikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4.
Meningkatkan
kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi
individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan
melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
5.
Memahami
konsep,prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan
penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan
teknologi.
C.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Kimia di SMA/MA merupakan
kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan pengukurannya
dengan perluasan pada konsep abstrak yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Struktur
atom, sistem periodik, dan ikatan kimia, stoikiometri, larutan non-elektrolit
dan elektrolit, reaksi oksidasi-reduksi, senyawa organik dan makromolekul
2.
Termokimia,
laju reaksi dan kesetimbangan, larutan asam basa, stoikiometri larutan,
kesetimbangan ion dalam larutan dan sistem koloid
3.
Sifat
koligatif larutan, redoks dan elektrokimia, karakteristik unsur, kegunaan, dan
bahayanya, senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, Makromolekul
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan
kimia
|
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat
unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel
periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi
elektron
1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,
ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa
yang terbentuk
|
2. Memahami
hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia
(stoikiometri)
|
2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik
dan organik sederhana serta persamaan reaksinya
2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan
serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Memahami sifat-sifat larutan
non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi
|
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit
berdasarkan data hasil percobaan.
3.2 Menjelaskan
perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama
senyawa serta penerapannya
|
4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul
|
4.1 Mendeskripsikan
kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon
berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa
4.3 Menjelaskan
proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta
kegunaannya
4.4 Menjelaskan
kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam
bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika.
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul,
dan sifat sifat senyawa
|
1.1 Menjelaskan
teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron
dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik
1.2 Menjelaskan
teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi
untuk meramalkan bentuk molekul
1.3 Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya
antar molekul) dengan sifatnya
|
2. Memahami
perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
|
2.1 Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm,
dan reaksi endoterm
2.2 Menentukan
DH
reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan
standar, dan data energi ikatan
|
3. Memahami
kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya,
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan
melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
3.2 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan
faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.3 Menjelaskan
keseimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan
dengan melakukan percobaan
3.4 Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
keseimbangan
3.5 Menjelaskan
penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
Kelas XI , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode
pengukuran, dan terapannya
|
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan
menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan
elektrolit dari hasil titrasi asam basa
4.3 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa
untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
4.4 Mendeskripsikan
sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk
hidup
4.5 Menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut
4.6 Memprediksi
terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan
|
5. Menjelaskan
sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di
sekitarnya
5.2 Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan
elektrolit
|
1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,
penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif
larutan
1.2 Membandingkan antara sifat koligatif
larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang
konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
|
2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi
dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
|
2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem
elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah
korosi dan dalam industri
2.2 Menjelaskan reaksi
oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis
2.3 Menerapkan hukum Faraday
untuk elektrolisis larutan elektrolit
|
3. Memahami
karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya
di alam
|
3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur
utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
3.2 Mendeskripsikan
kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik
didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan,
kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
3.3 Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan
senyawanya dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat
fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan
makromolekul
|
4.1 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat,
kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi
alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan
kegunaan benzena dan turunannya
4.3 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan
makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
4.4 Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan
kegunaan lemak
|
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar