|
Educational Intitution :
SMA
Subject : Kimia
Class/Semester :
XI IPA/1
Time Allocation :
27 jp
Basic Kompetension : Understanding atomic structure to pridict characteristic of periodic of element, molekule structure, and
characteristic of compound
Basic Competention
|
Material
|
Learning Activities
|
Indicator
|
Assesment
|
Time allocation
|
Source / Bahan / Alat
|
1.1 Explaining atomic teory of Bohr and mekanika
kuantum to write electron konfiguration and diagram orbital and determine position of element in tabel of periodik
|
A.
Model of Atom
B.
Electron configuration
C.
Sistim Periodik Unsur
|
·
Membaca Literatur
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
perkembangan teori atom dari Dalton hingga Modern
·
Menjelaskan
teori atom Bohr
·
Menjelaskan
teori atom mekanika kuantum
·
Menentukan empat bilangan kuantum elektron terluar
dari suatu atom
·
Menuliskan
konfigurasi elektron suatu untur
·
Menggambarkan
diagram orbital dari suatu unsur
·
Menuliskan
konfigurasi elektron suatu untur berdasarkan konfigurasi gas mulia
·
Menjelaskan
pembagian blok pada sistem periodik unsur
·
Menentukan
nomor perioda dan golongan suatu unsur berdasarkan konfigurasi elektronnya
(atau sebaliknya)
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
12 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
1.2 To explain teory of amount electron pairs around nucleus of atom and teory of hibridisation to predict shape of molecul
|
A.
Hibridisasi Orbital
B.
Teory VSEPR
C.
Shape of Molecule
D.
Polaritas compound
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan pengamatan model
molekul
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
teori Lewis dalam ikatan kimia
·
Menggambarkan
model lewis dari molekul tertentu
·
Menentukan
pasangan elektron ikatan dan pasangan elektron bebas yang dimiliki atom
pusat
·
Menggambarkan
orientasi orbital suatu molekul
·
Menggambarkan
hibridisasi orbital
·
Meramalkan
bentuk molekul suatu senyawa berdasarkan orientasi orbital dan jumlah PEB
·
Meramalkan
bentuk molekul suatu senyawa berdasarkan orbital hibrid
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri tidak
terstruktur
|
10 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
1.3 To explain inter
molekular force (gaya antar molekul) and its characterisfic
|
Inter molecular force
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan pengamatan grafik
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian gaya antar molekul
·
Menjelaskan
terjadinya gaya vand der waals, gaya London dan Ikatan Hidrogen
·
Menjelaskan
pengaruh gaya antar molekul terhadap titik didih senyawa (nilai religius)
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
5 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
Educational Intitution :
SMA
Subject :
Kimia
Class/Semester : XI IPA/1
Time Allocation : 24 jp
Basic Kompetension : Memahami perubahan
energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
Basic Competention
|
Material
|
Learning Activities
|
Indicator
|
Assesment
|
Time allocation
|
Source / Bahan / Alat
|
1.4 To descript entalphy change of reaction,
exotermic reaction, and endotermic reaction
|
A.
Entalpi system and environment
B.
Standard of enthalpi change
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan pengamatan/ eksperimen
sederhana reaksi ekso/endoterm
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian sistem dan lingkungan
·
Menjelaskan
pengertian entalphi
·
Menjelaskan
terjadinya reaksi eksoterm dan endoterm
·
Menjelaskan
perubahan entalpi dari reaksi endoterm dan eksoterm
·
Menggambarkan
diagram siklus terjadinya reaksi endoterm dan eksoterm
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
5 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
1.5
To determine DH reaction according to experiment, Hess Law, data
standard entalpi change of formation, dan data bond energi
|
A.
Calorimetri
B.
Hess Law
C.
Bond Energi
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan pengamatan/
eksperimen sederhana reaksi asam basa / pelarutan
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian entalphi standar (1 jp)
·
Menjelaskan
macam-macam entalpi (2 jp)
·
Melakukan
eksperimen reaksi asam basa
·
Menghitung
entalphi reaksi asam basa hasil eksperimen (2 jp)
·
Menjelaskan
konsep Hukum Hess dalam mencari entalphi reaksi (3 jp)
·
Menghitung
entalphi reaksi berdasarkan data pembentukan standar (4 jp)
·
Menghitung
entalphi reaksi reaksi menggunakan data energi ikatan (5 jp)
·
Menjelaskan
hubungan antara entalpi reaksi dengan energi bahan bakar (2 jp)
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
19 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
Educational Intitution :
SMA
Subject :
Kimia
Class/Semester : XI IPA/1
Time Allocation : 37 jp
Basic Kompetension : Memahami kinetika
reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya
dalam
kehidupan sehari-hari dan industri
Basic Competention
|
Material
|
Learning Activities
|
Indicator
|
Assesment
|
Time allocation
|
Source / Bahan / Alat
|
2.1
To descript the definition of
reaction rate with doing experiment about factors that mempengaruhi reaction
rate
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan pengamatan grafik
dan/ eksperimen
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian laju reaksi (3 jp)
·
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi laju reaksi (5 jp)
·
Menjelaskan
mekanisme katalis dan suhu dalam mempercepat laju reaksi (2.jp)
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
10 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.2
Understanding crash teory to explain factors of rate and orde of
reaction, and usage in daily life
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan pengamatan animasi
faktor laju reaksi
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian teori tumbukan dalam laju reaksi
·
Menyebutkan
faktor faktor yang mempegaruhi laju reaksi
·
Menjelaskan
hubungan teori tumbukan terhadap faktor yang mempengaruhi laju reaksi (3 jp)
·
Menghitung
laju reaksi berdasarkan data laju awal
·
Menjelaskan
pengertian orde reaksi
·
Menentukan
orde reaksi (5 jp)
·
Menjelaskan
penerapan konsep laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari (2)
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
10 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.3
Explaining equilibrium and
factors of mempengaruhi pergeseran arah equilibrium with doing experiment
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan eksperimen/
demonstrasi
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan pengertian
kesetimbangan dinamis
·
Menyebutkan
contoh kesetimbangan dinamis
·
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dinamis
·
Meramalkan
arah pergeseran kesetimbangan
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
6 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.4
Determine correlation
kuantitatif between reactant and product one equilibrium reaction
|
·
Membaca Literatur
·
Melakukan pengamatan tabel
data
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
hukum Gulberg-Waage
·
Menjelaskan pengertian
Kc
·
Menentukan
Rumus tetapan kesetimbangan (Kc)
·
Menentukan
Rumus tetapan kesetimbangan (Kc) Heterogen (3 jp)
·
Menghitung
harga Kc suatu reaksi setimbang (3 jp)
·
Menjelaskan
pengertian Kp
·
Menentukan
Rumus tetapan kesetimbangan (Kp)
·
Menghitung
harga Kp suatu reaksi setimbang
·
Menjelaskan
hubungan antara Kc dan Kp (3 jp)
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
9 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.5
Explaining usage of prinsip
equilibrium in daily life and industry
|
·
Membaca Literatur
·
Diskusi Informasi
·
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian kesetimbangan dinamis
·
Menjelaskan
sifat kesetimbangan dinamis
·
Menjelaskan
penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
(nilai religius dan sadar lingkungan)
|
·
Quiz,
·
Daily test
·
Tugas mandiri
|
2 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
|||
SYLABUS
|
Educational Intitution :
SMA
Subject :
Kimia
Class/Semester : XI IPA/1
Time Allocation : 64 jp
Basic Kompetension : Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode
pengukuran, dan terapannya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber / Bahan / Alat
|
2.6
To descript teori of acid base
with determining characteristic solution and determinr pH solution
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
definisi asam basa menurut arrhenius
·
Menjelaskan
definisi asam basa menurut Broensted-Lowry
·
Menjelaskan
definisi asam basa menurut Lewis (3 jp)
·
Menjelaskan
sifat asam dan basa melalui percobaan
·
Menentukan
asam/basa berdasarkan teori Broensted-Lowry (2 jp)
·
Menentukan
asam/basa berdasarkan teori Lewis (2 jp)
·
Membedakan
asam kuat / asam lemah dan basa kuat / basa lemah (2 jp)
·
Menuliskan
reaksi dissosiasi asam basa
·
Menghitung
konsentrasi campuran
·
Menuliskan
reaksi ionisasi air (3 jp)
·
Menentukan
konsentrasi ion H+ dan OH- dalam air murni pada 25oC
1 atm
·
Menjelaskan
hubungan H+ dan OH- dalam air dan larutan berair (2
jp)
·
Menentukan
konsentrasi ion H+ dari suatu larutan asam/basa kuat
·
Menghitung pH
larutan (3 jp)
·
Menentukan
konsentrasi ion H+ dari suatu larutan asam/basa lemah (3 jp)
·
Menghitung pH
larutan asam/basa lemah
|
Quiz, daily test
|
18 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.7
Count amount of reactant and
product at electrolit solution from result of acid/base titration
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menuliskan
reaksi asam kuat dan basa kuat (1 jp)
·
Menghitung mol
setiap pereaksi (4 jp)
·
Melengkapi
reaksi oksida asam dengan basa (2 jp)
·
Melengkapi
reaksi oksida basa dengan asam (2 jp)
·
Melengkapi
reaksi asam dengan amonia (2 jp)
·
Melengkapi
reaksi asam/basa dengan garam (2 jp)
·
Melengkapi
reaksi logam dengan asam (2 jp)
·
Melengkapi
reaksi logam dengan garam (2 jp)
·
Menentukan
pereaksi sisa dan pereaksi habis (2 jp)
·
Menghitung pH
campuran asam kuat dan basa kuat (2 jp)
·
Menggambarkan
kurva reaksi titrasi asam kuat basa kuat (2 jp)
|
Quiz, daily test
|
21 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.8
Menggunakan kurva perubahan
harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan
hidrolisis
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menggambarkan
kurva titrasi asam kuat/basa lemah atau asam lemah/basa kuat
·
Menggunakan
kurva titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyengga dan hidrolisis
|
Quiz, daily test
|
2 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.9
Mendeskripsikan sifat larutan
penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian larutan penyangga
·
Menjelaskan
proses terbentuknya larutan penyangga
·
Menjelaskan
sifat larutan buffer
·
Menghitung pH
larutan buffer
·
Menghitung pH
buffer jika ke dalamnya ditambah sedikit asam, basa atau air
·
Menjelaskan
penggunaan konsep buffer dalam kehidupan sehari hari dan industri
|
Quiz, daily test
|
8 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.10
Menentukan jenis garam yang
mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian hidrolisis
·
Menuliskan
reaksi hidrolisis
·
Menjelaskan
tiga tipe hidrolisis
·
Menghitung pH
larutan garam
|
Quiz, daily test
|
5 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.11
Memprediksi terbentuknya
endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian kelarutan garam
·
Menggolongkan
garam menjadi tiga macam berdasarkan kelarutan garam
·
Menghitung
kelarutan suatu senyawa
·
Menghitung
hasil kali kelarutan dua senyawa/lebih
·
Menjelaskan
pengaruh ion sejenis terhadap kelarutan senyawa
·
Memprediksi
terjadinya endapan berdasarkan hasil kali kelarutan senyawa
|
Quiz, daily test
|
10 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
Educational Intitution :
SMA
Subject :
Kimia
Class/Semester : XI IPA/1
Time Allocation : 13 jp
Basic Kompetension : Menjelaskan sistem
dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber / Bahan / Alat
|
2.12
To make some colloid system
using material around us
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menjelaskan
pengertian sistem koloid
·
Menjelaskan
perbedaan koloid dengan larutan dan suspensi
·
Menjelaskan 8
jenis koloid berdasarkan komponen penyusunnya
·
Membuat
beberapa jennis koloid menggunakan bahan yang ada di sekitar kita
|
Quiz, daily test
|
5 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
2.13
Groupping colloid
characteristic and application in daily life
|
Diskusi Informasi
Solving Problem
|
·
Menyebutkan
sifat-sifat koloid (effek tyndall, gerak Brown, elektroforesis, dialisis,
koagulasi)
·
Menjelaskan
sifat-sifat koloid
·
Menjelaskan
perbedaan koloid liofil dan liofob
·
Menjelaskan
cara pembuatan koloid
·
Menjelaskan
kegunaan koloid dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
Quiz, daily test
|
8 jp
|
Buku Kimia SMA, Erlangga / Alat-alat Lab/ Notebook and LCD
|
|
||||||
|
||||||
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar